Inverter ???

Apasih inverter itu? Apakah salah satu type dari pendingin ruangan? Mungkin itulah yang terbayang dalam benak kita saat pertama kali mendengar kata inverter tersebut. Karena memang saat ini ada salah satu pendingin ruangan menambahkan embel-embel kata inverter. Tetapi untuk kali ini berbeda dengan apa yang kita bayangkan, inverter yang sedang kita bahas menyinggung salah satu hardware dari notebook atau sering kita sebut laptop bukan mengenai pendingin ruangan. Maka dari itu mari kita simak uraian dibawah ini.

Inverter adalah suatu rangkaian kecil yang berfungsi sebagai konektor atau alat yang menghubungkan LCD dengan Mainboard notebook, sehingga bisa kita ibaratkan dengan kabel data yang ujungnya berwarna biru itu lo.... yang menghubungkan VGA Card menuju monitor PC, fungsinya memang sama yaitu tempat jalur data dari motherboard menuju LCD/monitor yang berupa output grafis.


Hardware ini sangat berperan sekali dalam hal mendistribusikan arus dan data yang akan ditampilkan di LCD/Monitor. Dapat kita pastikan jikalau sebuah notebook tidak terdapat inverter ataupun inverternya mengalami kerusakan, maka akan menimbulkan dampak tidak adanya tampilan yang muncul pada LCD, walaupun notebook sudah dalam keadaan menyala. Bermasalahnya inverter pada notebook tentu bermasalah pula tampilan grafis pada LCD notebook.


sumber : http://ul1n.blogspot.com/2010/05/inverter.html